0
Kenaikan Dana BOS SMK Tahun 2015 TerealisasikanMAJALAHGURU.COM. JAKARTA – Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan kenaikan alokasi dana pertolongan operasional sekolah (BOS).

Terhitung 1 Januari 2016 dana BOS di SMA & SMK naik dari Rupiah 1,2 juta jadi Rupiah 1,4 juta per peserta didik per thn.

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Mustaghfirin Amin mengemukakan, kenaikan dana BOS itu di inginkan lebih dapat mendongkrak mutu pembelajaran di jenjang SMK. ’’Diantaranya mampu dimaksimalkan buat membeli peralatan praktik peserta didik,’’ jelasnya.

Husus buat SMK, Mustaghfirin menyampaikan sasaran penerima dana BOS 2016 mencapai 4.418.436 peserta didik di 12.984 satuan SMK. Maka ia menyampaikan kusus di SMK saja, thn depan alokasi dana BOS mencapai Rupiah 6,2 triliun.

Nilai itu belum termasuk juga dana BOS utk peserta didik SMA yg berjumlah 4.422.721 peserta didik. ’’Harapan kami, tidak cuma utk meningkatkan mutu pelayanan pendiidkan, dana BOS mampu mensupport wajib menggali ilmu 12 th,’’ paparnya.

Mustaghfirin mengakui, di group SMK masihlah ada masalah serapan tenaga kerja lulusannya. Tetap ada warga yg melaporkan tidak sedikit lulusan SMK belum terserap kerja. Sesudah ditelusuri, nyata-nyatanya bagian SMK yg sedia bertentangan dgn keperluan tenaga kerja terampil di daerah tersebut.

’’Misalnya di daerah yg condong berkembang bisnis jasa perhotelan & usaha, tak butuh dipaksa dibangun SMK pertanian. Sebaliknya di daerah pertanian, tak butuh dipaksa ada SMK technologi kabar,’’ urainya.

Mustaghfirin mengemukakan ada kecenderungan pendirian SMK memanfaatkan pertimbangan patuh aturan keahlian yg low cost seperti usaha & akuntansi.

Pasalnya di jalur ini tak membutuhkan laboratorium dgn perkakas yg mahal.Akhir Januari ini, Mustaghfirin menjanjikan penjurusan di SMK-SMK seluruhnya Indonesia bakal ditata kembali. (wan/kim)
Pilih Link Unduh Alternatif di bawah ini:
Mohon Tunggu sedang memuat Link FILE...
Anda sedang berada di , Majalah Guru mengucapkan terimakasih karena telah sempat membaca artikel ini, semoga informasi yang kami sampaikan bisa sangat bermanfaat dan kami pun mampu menjadi Media Informasi Pendidikan terbaik untuk memajukan dunia Guru dan Operator Sekolah.
Majalah
Advertisement
Guru

Posting Komentar

 
Top