Inilah Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Penyusunan KTSP

Inilah Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Penyusunan KTSP ini merupakan tahapan yang harus dilakukan guru saat menyusun KTSP

Inilah Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Penyusunan KTSP

Berdasarkan bagan tersebut, terdapat 5 (lima) besaran kegiatan yaitu; 1) Kegiatan Koordinasi dan Persiapan, 2) Pelaksanaan Pengembangan, 3) Supervisi, 4) Sosialisasi dan Implementasi, dan 5) Evaluasi. Masing-masing kegiatan tersebut akan dijelaskan berikut ini.

1.    Kegiatan Persiapan dan Koordinasi
Kegiatan persiapan terdiri atas beberapa kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang dalam hal ini dapat diwakili oleh pengawas SMA, berupa bimbingan dalam penyusunan KTSP dengan substansi yang mencakup antara lain 1) penentuan jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal; 2) penentuan jadwal penyusunan dan pendampingan; dan 3) perumusan kalender pendidikan.

Kegiatan persiapan yang dapat dilakukan antara lain;  
a.    Kepala SMA berkoordinasi dengan pengawas membentuk atau melakukan revitalisasi fungsi Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Sekolah dan memberi pengarahan teknis untuk melakukan pengembangan KTSP, antara lain tentang;
1)    Analisis keberhasilan, kendala, kekurangan, atau revisi Kurikulum  tahun sebelumnya, baik pada dokumennya maupun pada saat implementasinya.
2)    Dasar pelaksanaan pengembangan Kurikulum Sekolah, antara lain implementasi Kurikulum 2013, Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang meliputi perubahan SKL, SI, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum.
3)    Analisis konteks, yaitu analisis pemenuhan terhadap Standar Pendidikan Nasional yang telah dicapai sekolah, antara lain Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta Standar Sarana dan Prasarana.
4)    Tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan Kurikulum Sekolah, difokuskan pada pencapaian kompetensi Kurikulum 2013 yang terpadu berkaitan dengan SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian yang mencakup tiga domain sikap, pengetahuan dan keterampilan.
5)    Manfaat pengembangan Kurikulum Sekolah sebagai acuan dalam implementasi kurikulum.
6)    Hasil yang diharapkan dari kegiatan pengembangan Kurikulum Sekolah terkait dengan pengembangan potensi peserta didik yang mencakup tiga domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
7)    Unsur-unsur yang terlibat dan uraian tugasnya dalam pelaksanaan pengembanganKurikulum Sekolah..

b.    Tim Pengembang Kurikulum(TPK) Sekolah menyusun rencana, jadwal, materi, dan strategi pengembanganKurikulum untuk tahun berjalan.Pada kegiatan ini dapat melibatkan pengawas atau nara sumber lain yang kompeten, sehingga diperoleh suatu pemahaman untuk diaplikasikan dalam penyusunan kurikulum sekolah. Kegiatan tersebut meliputiantara lain;
1)    Penyamaan persepsi terhadap Kurikulum 2013 berikut peraturan-peraturan yang berlaku, antara lain PP No. 32 Tahun 2013, Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tentang SKL, Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi, Permendikbud Nomor 65 tentang Standar Proses, Permendikbud Nomor 66 tentang Standar Penilaian, dan Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum.
2)    Pengumpulan data dan informasi yang berkaitan dengan keberhasilan dan kendala pelaksanaan Kurikulum yang dilakukan melalui kajian analisis terhadap  dokumen kurikulumtahun sebelumnya,serta kemungkinan kendala dalam pelaksanaan KurikulumSekolahyang akan disusun untuk tahun berjalan.
3)    Analisis kondisi riil sekolah terutama yang berkaitan dengan tenaga pendidik dan sarana dan prasarana yang akan dijadikan dasar dalam menyusun program peminatan, lintas minat, dan pendalaman minat (lihat lampiran Mekanisme dan Prosedur Peminatan, Lintas Minat, Pendalaman Minat).Hasil analisis tersebut merupakan gambaran kondisi riil sekolah, terutama tentang ketersediaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,serta sarana-prasarana sekolah sebagai acuan dalam menyusun program peminatan, lintas minat, dan pendalaman minat.
4)    Perencanaan penambahan mata pelajaran Wajib B, penambahan jam dan mata pelajaran, sesuai hasil analisis kondisi riil sekolah atau berdasarkan keputusan kepala daerah kab./kota atau provinsi masing-masing, misalnya penambahan Bahasa Daerah. Penambahan ini dapat dipadukan pada mata pelajaran wajib B atau berdiri sendiri sebagai mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok)
5)    Penyusunan rencana program peminatan dan lintas minat untuk kelas X berdasarkan hasil analisis tenaga pendidik, kondisi sarana-prasarana, dan hasil angket peserta didik kelas X tentang minat dan lintas minat (lihat lampiran tentang mekanisme dan prosedur peminatan, lintas minat, dan pendalaman minat).

COMMENTS

MAJALAHGURU.COM adalah Media Informasi Pendidikan Terkini. Menyajikan berbagai macam informasi penting dengan sumber terpercaya. Saling berinteraksi antara Guru, Operator Sekolah dan Tenaga Kependidikan lainnya, saling berbagi satu sama lain.
Nama

Absen,1,Absensi,5,Administrasi,37,Administrasi Guru,8,Administrasi Kelas,4,Analisis Nilai,3,Aplikasi,43,Artikel,3,Berita Acara,3,Berita Acara Kelulusan,1,Berita Pendidikan,15,BOS,5,Buku,4,Cerpen,1,Contoh Format,8,Contoh Makalah,1,Contoh Soal,13,Doc,10,Docx,4,Dokumen,3,Dokumen Penting,508,Dokumen Sekolah,25,Dosen,1,Download,79,Download Berkas,3,EBOOK,12,Excel,34,File,6,Fiqih,1,Guru,8,GURU PEMBELAJAR,6,Hitung Umur Siswa,1,Ijazah,11,Inventaris,2,JUKNIS,2,Kepala Sekolah,1,KTSP,11,KTSP 2006,3,Kurikulum 2013,21,Kwitansi,1,Lagu,1,Laporan Pertanggungjawaban,1,Microsoft Excel,11,Microsoft Office Word,15,Microsoft Word,16,Micrososft Excel,11,Minit Mesyuarat Linus,1,modul guru pembelajar,6,Nilai,1,Nuptk,2,Panduan,1,PAUD,1,PDF,7,pedagogik,6,Pedoman,1,Pembinaan,1,Pendidikan Agama Islam,1,PENJAS,1,Perangkat Pembelajaran,7,Pidato,1,PJOK,1,PKG,1,PLPG,6,PPDB,4,Program Kerja,4,Program Pengayaan,8,Program Remedial,8,Raport,5,RKAS,1,RPP,2,SD,28,Sekolah,5,SILABUS,1,Siswa,3,SKHU,7,SKP,1,SMA,6,SMP,6,Soal,1,Surat,3,Surat Kelulusan,8,UAS,1,Ujian,5,UKG,7,UKK,5,Ulangan Harian,5,UN,6,Unduh,2,US,10,UTN,6,UTS,5,Wali Kelas,1,Word,9,
ltr
item
Majalah Guru: Inilah Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Penyusunan KTSP
Inilah Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Penyusunan KTSP
Inilah Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Penyusunan KTSP ini merupakan tahapan yang harus dilakukan guru saat menyusun KTSP
https://3.bp.blogspot.com/-jQ6xY4MQjuQ/Vsm8al0A_UI/AAAAAAAAIyg/E1HEHnF61ws/s1600/Inilah%2BLangkah-Langkah%2BYang%2BHarus%2BDilakukan%2BSaat%2BPenyusunan%2BKTSP.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jQ6xY4MQjuQ/Vsm8al0A_UI/AAAAAAAAIyg/E1HEHnF61ws/s72-c/Inilah%2BLangkah-Langkah%2BYang%2BHarus%2BDilakukan%2BSaat%2BPenyusunan%2BKTSP.jpg
Majalah Guru
http://www.majalahguru.com/2016/02/langkah-penyusunan-ktsp.html
http://www.majalahguru.com/
http://www.majalahguru.com/
http://www.majalahguru.com/2016/02/langkah-penyusunan-ktsp.html
true
4587866016316017481
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy